5 Langkah Menata Peralatan Kantor di Meja Kerja

Lihatlah meja kerja anda di kantor. Apakah dalam keadaan rapi, atau bolpen berserakan, kertas kerja berhamburan? Terlalu banyak peralatan kantor bisa jadi salah satu penyebab tidak rapinya meja kerja.

Peralatan kantor yang jarang digunakan, tapi disimpan di atas meja, juga membuatnya semakin terlihat kumuh. Mari rapikan peralatan kantor di meja kerja, agar terlihat apik dan membuat semangat kerja makin berkobar.

  1. Ambil Peralatan Kantor Yang Jarang Digunakan

Di atas meja kerja anda, apakah ada pelubang kertas atau stempel? Jika anda jarang menggunakannya, pindahkan saja ke dalam laci. Jika tetap diletakkan di bagian atas, maka meja akan terlihat penuh sesak dan berantakan.

  1. Beri Tempat Khusus Untuk Setiap Peralatan Kantor

Apakah anda punya tempat bolpen khusus? Jika punya, apa di sana tercampur juga pensil, tipe ex, atau klip? Sebaiknya pisahkan alat tulis dan peralatan kantor sesuai kategori. Satu mug bisa untuk tempat bolpen, di kotak lain tersimpan klip, dan lain lain.

Bagian dalam laci juga bisa ditata rapi dengan memisahkan alat tulis. Stabilo diletakkan dalam kardus kecil, pelubang kertas di plastik, dan lain lain. Jadi anda bisa mudah menemukannya, tak butuh waktu lama hanya untuk mencari sebuah klip.

  1. Buang Yang Sudah Rusak

Sebulan sekali, coba razia di meja kerja dan juga laci anda. Apakah di sana ada bolpen yang tintanya sudah kering, atau klip yang rusak? Buang saja benda benda itu. Untuk apa lagi menyimpannya? Karena hanya akan membuat meja kerja anda penuh sesak.

  1. Beri Nama Di Alat Tulis Kantor

Seringkah anda merasa kehilangan bolpen? Rupanya, banyak rekan kerja yang meminjamnya. Tapi mereka lupa untuk mengembalikannya.

Terlepas dari tindakan mereka yang sengaja atau tidak disengaja, anda bisa mengantisipasi dengan sebuah stiker kecil. Stiker itu bertuliskan nama anda, dan ditempel di bolpen. Jadi, jika anda membutuhkannya, sementara bolpen itu ada di meja sebrang, anda bisa dengan mudah mengambilnya. Dan yakin bahwa bolpen itu milik anda, karena ada namanya.

  1. Gunakan Map Berwarna

Apakah anda punya map plastik untuk menyimpan berkas? Untuk memudahkan kerja, anda bisa memisahkan berkas sesuai dengan warnanya. Misalnya, map merah untuk data penjualan bulan januari sampai maret. Sementara di map warna hijau berisi alamat para pelanggan.

Menata ulang meja merupakan sebuah tantangan. Karena saat anda sibuk, mungkin anda malas untuk membersihkan dan merapikannya. Tapi meja kerja perlu dirapikan secara teratur. Alat tulis kantor juga ditata dan dirawat. Karena meja kerja yang rapi, bersih, dan memiliki peralatan kantor yang lengkap, akan mengatrol semangat kerja anda. Selamat mencoba.