Indonesia Furniture di Tengah Tumbuh Kembang Industri Kreatif

Anda pasti tak asing dengan Indonesia Furniture? Sebuah perusahaan furniture yang merupakan bagian dari industri kreatif? Perekonomi Indonesia dewasa ini menempatkan industri kreatif sebagai primadona kedua di belakang industri pertambangan dan energi.

Indonesia Furniture – Salah Satu Portal Industri Kreatif

Salah satu gregetnya industri kreatif saat ini adalah perusahaan/produsen barang-barang furniture yang sukses menggeliat di Indonesia. Meski sedikit berbeda dengan perusahaan-perusahaan produsen lainnya, perusahaan/produsen barang-barang furniture lebih berpeluang sebagai eksportir. Demi menyongsong arus globalisasi serta perdagangan pasar bebas, bisa jadi perusahaan industri furniture sebagai bagian industri kreatif mampu menembus global market.

Industri kreatif didefinisikan sebagai industri yang mampu menggali pemanfaatan kreatifitas, ketrampilan, eksplorasi bakat personal serta seni pemasaran yang piawai. Semua demi menciptakan tingkat kesejahteraan dan lapangan pekerjaan baru. Melalui cara dan sistem memproduksi serta eksplorasi daya kreasi dan daya cipta individunya.

UK DCMS Task Force di tahun 1998 pernah mendefinisikan tentang industri kreatif, dengan sebutan: “Creatives Industries as those industries which have their origin in individual creativity, skill & talent, and which have a potential for wealth and job creation through the generation and exploitation of intellectual property and content”

Indonesia Furniture merupakan portal yang jelas atas Industri kreatif Indonesia. Di mana perkembangannya sudah barang tentu mengedepankan analisa yang kompeten dalam dunia bisnis. Yaitu analisa berbasis manpower, nilai produk domestic bruto, serta keaktifan perusahaan.

Indonesia Furniture – Salah Satu Jenis Industri Kreatif

Analisa kompeten sebagai tolok ukur dalam menganalisa laju kembang industri kreatif, dalam dunia furniture khususnya Indonesia Furniture adalah Analisa yang berbasis manpower, Analisa berbasis pada nilai produk domestic bruto, Analisa berbasis pada aktivitas perusahaan. Dan masih ditambah lagi dengan analisa dampak sektor pendukung.

Beberapa analisa tersebut diharap mampu menggulirkan jenis-jenis pengembangan trend, model, sistem market, dan daya saing yang tinggi serta berprospek cerah.

Indonesia Furniture – Penghimpun Daya Dukung

Meski terlihat sederhana, namun Indonesia furniture adalah industri yang tetap memerlukan daya dukung yang kuat, hingga mampu menghimpun beberapa daya dukung lain demi kesuksesan eksistensinya. Antara lain:

  • Desain: suatu proses kreasi desain grafis, yang berhubungan dengan entitas perusahaan.
  • Periklanan: dunia furniture membutuhkan berbagai rencana komunikasi iklan, produksi material iklan serta market research. Terkadang pagelaran iklan sebagai outdoor promo, dalam bentuk intensif promosi, kampanye publik, atau penayangan iklan pada media cetak, audio dan visual.
  • Arsitektur: Indonesia Furniture sebagai produsen furniture modern selalu berhubungan dengan blue-print desain-desain baru dan kekinian, berikut segala hal tentang informasi produksi.