Cara Merawat Furniture Untuk Kantor Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Agar dapat lebih awet dan tahan lama, furniture untuk kantor harus selalu dirawat dengan baik. Sama seperti dengan perabot lainnya, dibutuhan teknik tersendiri untuk merawat benda-benda properti kantor tersebut. Karena itu, setiap pengelola dan pemilik kantor terutama yang memiliki tugas melakukan perawatan, harus mengetahui tugas ini.

Selalu dalam Kondisi Kering

Salah satu hal utama yang harus selalu diperhatikan saat merawat furniture di kantor adalah, kondisinya dijaga agar tetap kering. Jangan sampai ada sedikitpun air atau benda cair lainnya yang membasahi properti tersebut dan segera lap dengan kain bersih jika terkena cipratan.

Air dan benda cair lainnya, ketika mengenai permukaan furniture bisa membuat jamur mudah tumbuh. Setelah itu, tidak lama kemudian akan membuat warnanya jadi kusam, bahkan dapat menimbulkan kerusakan di bagian elemen-elemennya. Apalagi jika furniture untuk kantor tersebut dibuat dari material kayu, jamur makin cepat bermunculan.

Tidak Menempel pada Dinding

Tips perawatan berukitnya, sedapat mungkin agar diusahakan agar perabot furniture diletakan secara tidak menempel langsung pada dinding. Biasanya hal ini lebih sering terjadi pada alat atau perabot kantor berupa lemari, meja besar, rak dan laci. Jika menempel pada dinding dan kebetulan dinding tersebut dibuat dari batu bata yang mudah menyerap air, bisa menimbulkan kelembaban.

Akibatnya seperti ketika terkena air, jamur dapat tumbuh dengan cepat khususnya di bagian belakang perabot. Dan karena pertumbuhan jamurnya ada di bagian belakang, maka banyak yang tidak menyadarinya. Tahu-tahu perabotan tersebut sudah terlanjur mengalami kerusakan parah bahkan tidak dapat diperbaiki lagi sehingga harus diganti dengan yang baru.

Jangan Dibebani dengan Benda Berat

Meski terlihat kokoh dan kuat, tetapi bagaimanapun juga seiap jenis furniture untuk kantor tetap memiliki daya tahan yang terbatas. Karena itu jangan menaruh benda atau barang yang memiliki bobot yang sangat tinggi di atasnya. Pada umumnya kondisi semacam ini seringkali terjadi pada perabot lemari, laci dan rak serta meja.

Jika suatu kantor memiliki properti yang bobotnya cukup tinggi, sebaiknya ditaruh di tempat khusus yang terbuat dari logam besi atau baja. Jangan meletakan di lemari, rak atau meja dan furniture lainnya yang dibuat dari material kayu jika tak ingin furniture tersebut cepat rusak.

Teknik Pembersihan

Pada umumnya, furniture kantor itu dibuat dari material kayu sehingga memerlukan teknik pembersihan yang berbeda dengan furniture dari logam. Furniture dari material kayu hanya boleh dibersihkan dengan lap kering saja, tidak dengan air. Apabila terpaksa menggunakan air, sebaiknya tetap memakai lap yang dibasahi dengan air.

Jadi air tersebut tidak boleh disiramkan secara langsung pada permukaan dan bagian-bagian lainnya. Setelah itu, furniture untuk kantor langsung dikeringkan namun tidak perlu dijemur di tempat yang terkena pancaran langsung sinar matahari. Tujuannya adalah agar warna cat dan lapisannya tidak cepat kusam atau memudar.